Laboratorium Kualitas Air kini terakreditasi untuk pengujian Air Laut

Published : 31 Januari 2023

Kalimantan Timur merupakan salah satu Propinsi terbesar di Indonesia, Propinsi dengan luas laut 25.656 km2. Besarnya potensi Laut Propinsi ini membutuhkan explorasi, riset dan monitoring untuk memaksimalkan pengelolaannya. Melihat kebutuhan tersebut terutama terkait pelayanan terhadap kebutuhan penelitian dan pengabdian masyarakat, Laboratorium Kualitas Air pada tahun 2022 meningkatkan kompetensinya untuk ruang lingkup akreditasi meliputi Pengambilan sampel uji air, Pengujian “Air Laut” dan beberapa parameter uji pada air permukaan dan air limbah. Seiring dengan kegiatan rutin “Surveilence” yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 13 – 14 bulan juni tahun 2022. Kegiatan ini dimaksudkan untuk pemantauan dan evaluasi jaminan mutu pengujian laboratorium. Surveilence laboratorium pengujian terdiri dari pelbagai aktivitas pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data yang dilakukan oleh asesor, termasuk di antaranya adalah pemutakhiran ruang lingkup pengujian sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Lebih jauh, tujuan dari diadakannya surveilans adalah untuk memotret atau mengetahui sejauh mana konsistensi LAB KA FPIK UNMUL terkait implementasi ISO 17025:2017 serta peningkatan efektivitas mutu laboratorium pengujian.

Perluasan ruang lingkup tersebut meliputi (detail ruang lingkup terlampir) :

  1. Pengambilan contoh uji Air
  2. Air laut : Temperatur, pH, DO, TSS, Kecerahan, Kekeruhan, Salinitas, dan Ortho-phospat serta Amonia.Air permukaan yakni DHL, SO4, NH3-N.
  3. Air sumur : Temperatur, pH, TDS, NO2-N, Warna, Flourida, CaCO3 dan Sulfat.

Puji syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan seru sekalian alam, pada 28 Desember 2022 pihak Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengumumkan kabar gembira bahwa status LAB KA FPIK UNMUL sebagai laboratorium penguji (LP-1074-IDN) tetap dipertahankan dan Penambahan ruang lingkup akreditasi pun mendapat persetujuan. Hal ini tak ayal menempatkan Laboratorium Kualitas air sebagai laboratorium Pendidikan pertama di Pulau Kalimatan yang memiliki akreditasi ISO 17025 dalam bidang pengujian air laut.

Pencapaian ini tentu bukanlah capaian laboratorium semata, melainkan dukungan dari segenap civitas akademika Fakultas perikanan dan ilmu kelautan, Univeritas Mulawarman dan masyarakat pengguna laboratorium.

Link LP-1074-IDN: http://kan.or.id/index.php/documents/terakreditasi/doc17020/sni-iso-iec-17025/laboratorium-kalibrasi/2-other/185-direktori-klien-lab-penguji-16

Sumber : (AAB/Labka)